Sunday, 10 July 2011

Kayu Sintetis: Anti Air, Anti Rayap, Tahan Cuaca

Kayu Sintetis: Anti Air, Anti Rayap, Tahan Cuaca

oleh: Rasantika M. Seta
Kayu Sintetis: Anti Air, Anti Rayap, Tahan Cuaca

Kalau Anda tengah mencari bahan untuk lantai dari kayu, kayu ini layak dipertimbangkan. Profilnya benar-benar mirip kayu, tingkat kekuatannya juga tinggi. Kayu ini anti rayap, anti air, dan tahan segala cuaca.

Kayu sintetis sebetulnya terbuat dari kayu juga. Lebih tepatnya serbuk kayu dan serbuk bambu. Kedua serbuk alami ini dicampur dengan serat fiber dan bahan kimia pengikatnya.
Sebagai sebuah material alternatif, tampilan kayu sintetis mirip dengan kayu biasa. Bahkan, kayu sintetis ini relatif memiliki keunggulan lebih dibandingkan kayu alami. "Yang untuk lantai, dapat menahan beban antara 250-300kg," kata Retno S. dari E-wood, distributor kayu sintetis dari Cina dan Korea.
Selain kemampuannya menahan beban, kayu sintesis dapat digunakan untuk berbagai fungsi, tahan lama, dan mempunyai biaya perawatan rendah. Kayu sintesis dibuat agar tidak mudah patah, keropos, retak, dan tahan serangan hama. Pemasangannya pun sangat mudah, dan tak membutuhkan peralatan khusus.
Kayu Sintetis: Anti Air, Anti Rayap, Tahan Cuaca
Untuk memasangnya sebagai lantai, papan kayu yang dijual per batang itu bisa dipasang langsung di atas lantai dengan cara mengelemnya pada permukaan yang datang, atau menggunakan bracket khusus. Begitu juga halnya jika ingin menggunakan kayu sintetis ini sebagai dinding. Cara pemasangannya bisa menggunakan rangka, atau bisa langsung ditempelkan ke tembok sebagai elemen dekoratif.
Foto: iDEAOnline/Rasantika M. Seta

No comments:

Post a Comment